MANFAAT TANAMAN ALANG-ALANG



MANFAAT TANAMAN ALANG-ALANG (imperata cylindrica (l)beauv)


Tanaman Alang alang termasuk kelompok herba atau tanaman yang tidak memiliki kayu di bagian batangnya, merupakan jenis rumput yang merayap dengan ketinggian 30 – 180 cm. Mempunyai batang yang merayap di bawah tanah, dengan bunga yang tegak membentuk satu perbungaan. Daun berbentuk helai panjang yang berujung runcing. Mempunyai buah seperti padidengan bijinya berbentuk lonjong, panjang 1 sampai 2 mm. Alang-alang bisa berbunga antara januari sampai bulan desember atau berbunga sepanjang tahun.

Tanaman alang-alang berkembang biak dengan mudah. Bagianyang sering digunakan untuk obat adalah bagian rimpang atau batang yang menjalar dari tumbuhan yang telah dewasa. Rimpang yang baik berwarna pucat dan berasa manis. Rimpang berkhasiat untuk pelembut kulit, peluruh air kencing, pembersih darah, penambah nafsu makan & penghenti pendarahan. Disamping itu dapat digunakan juga dalam upaya pengobatan penyakit kelamin (kencing nanah, kencing darah & raja singa), penyakit ginjal, luka, demam, tekanan darah tinggi dan penyakit syaraf.
Hati-hatilah dalam menggunakan tanaman alang-alang harus sesuai dengan aturan sehingga tidak berakibat racun (toksin) terhadap tubuh kita. Konsumsi berlebihan mengakibatkan efek samping yaitu pusing, mual dan adanya rasa buang air besar yang berlebihan.
Resep obat alang-alang
Penyakit : demam karena kencing berdarah
Satu sendok penuh rimpang alang-alang, rebus dengan beberapa potong tang kwe (daging buah beligu setengah matang yang dibuat manisan kering) dalam dua gelas sampai airnya tinggal separuh. Air ini diminum 2 gelas 1 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar