MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR



MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR

Di indonesia terdapat berbagai jenis tanaman jarak antara lain
a.       Jarak pagar (jaropha curcas L.)
b.      Jarak kepyar atau jarak kaliki (ricinus communis)
c.       Jarak ulung ((jathropa gossypifolia L.)
d.      Dan jarak bali (jatropha podagrica)
Diantara tanaman jarak di atas yang paling umum dikenal dan berpotensi sebagai penghasil minyak (biofuel) adalah jarak pagar.
Sejak zaman dahulu  tanaman jarak pagar sudah dimanfaatkan sebagai sumber minyak untuk lentera dan dipercaya sebagai pengusir roh jahat. Di mali afrika barat minyak tanaman jarak tidak hanya digunakan sebagai lilin saja tetapi digunakan sebagai bahan bakar kompor. Minyak jarak sedikit lebih kental dibandingkan minyak tanah, sehingga sumbu kompor yang dipakai menggunakan bahan khusus agar minyak jarak dapat meresap.
Selain sebagai bahan bakar, jarak juga dimanfaatkan di bidang farmasi, industry otomotif dan masih banyak lagi.
          1          Di bidang farmasi & medis
Minyak jarak bisa diresepkan sebagai obat minum untuk merangsang buang air besar. Di buku-buku resep kuno, minyak ini dikenal dengan nama minyak kastroli. Minyak kastroli biasanya dipakai untuk menyuburkan rambut. Penelitian terakhir di bidang medis menunjukkan racun dari biji jarak juga punya potensi sebagai obat pembasmi kanker.
          2          Di bidang industry
Di bidang industry, minyak kastroli atau minyak jarak digunakan sebagai campuran dalam pembuatan sabun, lotion, produk-produk kosmetik, cat dan plastic.
          3          Di bidang otomotif
Minyak kastroli atau castor oil dipakai sebagai pelumas kendaraan bermotor. Salah satu merek dagang yang terkenal adalah Castrol yaitu oli yang diproduksi di inggris sejak tahun 1909. Nama Castrol sendiri diambil dari kata castor dan oil.
          4          Di bidang pertanian
Jarak tergolong tanaman beracun. Khusus jarak kaliki, bijinya mengandung racun yang berbahaya yang dinamai ricin. Sepanjang sejarah ricin dikenal sebagai racun pembunuh yang sangat ampuh. Karena mematikan racun ini dimanfaatkan sebagai pestisida alami. Dibandingkan dengan pestisida sintetis, bio pestisida jarak mempunyai kelebihan yaitu dapat di buat sendiri, murah dan dapat terurai di alam (biodegradable).
          5          Di bidang lingkungan
Jarak pagar merupakan tanaman yang cocok jika ditanam di lahan yang kering. Dengan demikian tanaman jarak dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki lahan – lahan kritis, menunjang usaha konservasi lahan dan menghijaukan kembali hutan gundul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar